Top Ad unit 728 × 90

Gajah Bobok, Wisata Bukit di Karo yang Spektakuler

bukit gajah bobok - gambar: @lizalestari__
Berencana untuk sejenak meninggalkan penatnya suasana kota? berkunjunglah ke Karo, Sumatera Utara. Di kabupaten ini terdapat beragam destinasi instagenik yang memukau lantaran memiliki keindahan alam spektakuler dengan sudut Danau Toba, namanya adalah Bukit Gajah Bobok.

Saat menginjakkan kaki di Gajah Bobok, para pecinta panorama alam dapat memandang sisi spektakuler Danau toba dari wisata bukit yang ada di dataran tinggi Karo tersebut. Menariknya, spot ini termasuk digandrungi oleh anak alam untuk camping pada malam harinya.

Bukit Gajah Bobok

Sama memukaunya dengan Pusuk Buhit dan Sapo Juma, atraksi wisata ini juga dijamin akan membuat pengunjung terpesona. Dengan tiket masuk Rp10.000,- sobat Traveler dapat memanfaatkan waktu melalui sederet kegiatan menarik, dari mendirikan tenda hingga jeprat-jepret pemandangan di lokasi.

1. Wisata Bukit di Merek, Karo yang Seru untuk Camping

bukit di karo - via: @trisnarumahorbo
Hal pertama yang muncul di benak teman Traveler pasti keunikan dari nama tempat wisata di Merek ini. Kok bisa Gajah Bobok? nah julukan itu berkaitan dengan bentuk dari bukitnya sendiri, sekilas memang seperti gajah yang sedang asik tertidur.

Obyek wisata sekaligus tempat camping di Karo ini baru dibuka pada 2016 lalu. Sejak itu pengunjung yang didominasi anak alam mulai datang silih berganti dan mempopulerkan Bukit Gajah Bobok karena saat itu dinilai aman sebab jauh dari zona Sinabung.

Disini sahabat Pariwisata Sumut bisa menghabiskan malam melalui kegiatan api unggun dan minum kopi seraya menanti pagi. Ya, momen sunrise di bukit ini banyak mendapat ancungan jempol lho dari pengunjung.

Tak wajib sih untuk camping, Traveler pun bisa kok untuk berkunjung, sekedar berfoto dengan background Danau Toba dan langsung pulang. Tetapi suasana sunrise dan sunset-nya yang super spektakuler akan terlewatkan.

2. Gajah Bobok Punya Panorama Toba Membentang dari Ketinggian

bukit menawan via @@rian.syah90
Atraksi wisata dari salah satu wisata camping di sumatera utara ini mengandalkan pualam raksasa Danau Toba. Ketinggian Bukit Gajah Bobok yang mencapai 1.860 meter di atas permukaan laut (mdpl) tentu membuat pengunjung leluasa menyaksikan hamparan danau tepat di depan.

Area perbukitannya sendiri ditumbuhi pohon pinus merkusi. Wisatawan biasanya menggunakan pohon-pohon tersebut sebagai tempat untuk memasang hammock atau ayunan tidur gantung yang lagi trend di kalangan traveler.

Meski amenitis wisata disini tidaklah terlalu lengkap, namun posisinya yang dekat dari rangkaian wisata lainnya membuat pengunjung bisa melenggang ke bebeberapa destinasi dalam 1 kali trip seperti Tongging dan Sipiso-Piso.

3. Rute dan Lokasi Bukit Gajah Bobok

pemandangan di sekitar via @tio_s.depari
Gak sulit menemukan obyek favorit ini, sudah tersedia penunjuk jalan menuju lokasi. Agar lebih jelas, bila sudah hampir tiba di Merek, silakan ambil rute ke jalan raya Merek - Sidikalang kemudian lanjutkan perjalanan ke Jalan Aek Hotang hingga sampai di persimpangan kemudian belok ke arah kanan hingga tiba di Desa Pangambatan.

Baca Juga: Tempat Wisata di Danau Toba

Kondisi jalan menuju bukit sudah lumayan bagus, tidak sama seperti saat awal-awal obyek ini dibuka untuk publik. Meski begitu, wajib untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum ke puncak bukit karena rutenya cukup menanjak.

4. Tiket Masuk Bukit Gajah Bobok

Biaya masuk ke wisata Bukit Gajah Bobok tidak terlalu mahal, tiketnya dihitung per kendaraan. Untuk roda dua tarifnya Rp10.000 sedangkan roda empat sekitar Rp25.000. Dengan retribusi tersebut, pengunjung sudah bebas melakukan kegiatan wisata di sekitar lokasi.

Kecamatan Merek dari dulu memang dikenal punya sederet atraksi wisata menarik, di sekitar kecamatan ini ada juga penginapan mewah yang sering disambangi orang terkenal yaitu Simalem Resort.

Tak ada habisnya bila berbicara tentang Pariwisata Sumatera Utara ya? biar tak ketinggalan informasi menarik, pastikan sudah jadi salah satu pengikut Instagram @pariwisata_sumut ya teman Traveler. (AN/PSN).
Gajah Bobok, Wisata Bukit di Karo yang Spektakuler Reviewed by Pariwisata Sumut on 5/24/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.