Top Ad unit 728 × 90

TB Silalahi Center, Museum Batak di Balige yang Artistik

-- --
museum tb silalahi center via @putribudiw
Jika ingin tau museum Batak terlengkap di Sumatera Utara, maka jawabannya adalah T.B. Silalahi Center. Destinasi wisata sejarah yang berlokasi di Kota Balige tepatnya di Jalan DR. Term Silalahi No 88 Toba Samosir ini mengoleksi beragam pernak-pernik kultur Batak.

Di komplek Museum TB Silalahi Center, terdapat juga Huta Batak dan Museum Batak yang ditata secara artistik. Di bagian belakang bangunan, terhampar Danau Toba sehingga semakin menambah pesona museum di Kota wisata Balige ini.

Museum TB Silalahi

Terdiri dari 3 spot utama, museum ini didirikan oleh Tiopan Bernhard Silalahi. Tokoh terpandang di tengah suku Batak yang dulunya aktif di pemerintahan pusat. Beliau juga merupakan salah satu pendiri dari Yayasan Soposurung.

1. Museum Batak Terbesar di Indonesia yang Artistik

museum tb silalahi - credit: @iqbal
Arsitektur bangunan modern dengan sentuhan tradisional berupa seni lukis gorga tampak mencolok saat akan memasuki area museum. Di bagian depan, ada diorama yang menampilkan 6 etnis Batak. serta patung hitam dari perunggu yang tampak gagah menunjuk Danau Toba.

Megahnya Museum TB Silalahi tak lepas dari bangunannya yang terdiri dari 4 lantai dimana masing-masing ruangan memiliki fungsi berbeda. Diketahui, luas museumnya mencapai 3.300 meter.

Di tingkat 1, terdapat laboratorium atau tempat penelitian tentang budaya Batak. Sedangkan di ruangan ke-2 biasanya jadi tempat pameran secara berkala. Lain hal dengan tingkat 3, disinilah koleksi utuh yang memamerkan beragam peninggalan kebudayaan. Lalu bagaimana dengan level 4? nah di sini ada sky restaurant atau boleh dikatakan area roof top untuk sight seeing.

Secara garis besar, museum ini benar-benar kaya akan koleksi tentang Habatakon, disini pengunjung bisa menengok langsung rupa dari beragam artefak, patung, busana adat dan tongkat Tunggal Panaluan.

pemandangan di tb silalahi via @ebie_febriana
Menurut pengelola, posisi museum TB Silalahi Center sebenarnya bukan membelakangi Danau Toba lho. Adapun desain bangunan dibuat seperti itu tentu punya tujuan. Ya, struktur bangunannya disesuaikan dengan standar vista dan sirkulasi bangunan modern.

2. Huta Batak yang Elegan di TB Silalahi Center

huta batak - credit: @dezaara
Huta (bahasa batak: kampung) memang dirancang khusus agar mirip seperti tempat tinggal orang Batak tempo dulu. Yap, Huta Batak ini sarat akan pola hidup orang Batak yang kerap membentuk perkampungan kecil 1 marga.

Fakta menariknya, rata-rata bangunan tradisionalnya didatangkan dari beberapa wilayah di sekitaran Tao Toba, sehingga usia rumah adat Batak disini sudah mencapai ratusan tahun, unik kan? Gak sedikit juga pengunjung memilih untuk berfoto di Huta Batak lho!

Tak perlu menyeberang ke Samosir lagi sebab di Huta Batak pun sudah tersedia pertunjukan Sigale Gale alias patung yang biasanya manortor atau menarikan tari tradisional Batak. Nah, berada di Huta Batak Balige bakal bikin sobat pariwisatasumut.net seperti orang Batak, suasananya bikin terhanyut!

3. Museum Pribadi TB Silalahi

credit: @daritoba
Beralih ke gedung utama, ada ruangan khusus berisikan perjalanan T.B Silalahi selama hidup dan mengabdi untuk negara. Traveller bisa melihat beragam peninggalan beliau, seperti kendaraan yang biasa dipakai serta pangkat-pangkat yang pernah diraih.

Selain itu, area dinding juga dihiasi sederet gambar T.B Silalahi dari waktu ke waktu. Seperti diketahui, ia pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Itulah mengapa tak sedikit negarawan yang sudah pernah berkunjung ke Museum TB Silalahi.

Di sisi gedung induk juga ada ruang pertemuan atau convention hall yang biasanya dipakai untuk perhelatan MICE seperti seminar dan pertunjukan seni musik.

4. Lokasi Museum TB Silalahi

bangunan utama - via @indra5atm
Alamat TB silalahi Center tak jauh dari pusat kota, tepatnya di Desa Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kab Toba Samosir, Sumatera Utara.

5. Tiket Masuk Museum TB Silalahi

Biaya masuk ke Museum TB Silalahi yakni Rp10.000/pengunjung.

Tak hanya larut dalam budaya Batak saja, tetapi di TB Silalahi Center juga terhampar pemandangan gigantic Danau Toba yang dipisahkan oleh persawahan hijau nan luas. Hunting foto di kawasan Kabupaten Toba Samosir sekaligus menikmati museum Batak di Balige tentu akan bikin pengalaman traveling kian mengesankan. (an/psn)
TB Silalahi Center, Museum Batak di Balige yang Artistik Reviewed by Pariwisata Sumut on 6/29/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.