Top Ad unit 728 × 90

Silimalombu Ecovillage, Wisata Berbasis Lingkungan di Samosir

-- --
silimalombu ecovillage - credit: @laigarling
Pernah dengar tentang eco-village? istilah ini erat kaitannya dengan pola pariwisata berkelanjutan yang diwujudkan dalam pengembangan destinasi wisata di suatu daerah dan melibatkan aspek revitalisasi lingkungan serta program konservasi.

Dalam praktik industri pariwisata, konsep ecovillage mengacu pada keterlibatan (interaksi) pengunjung dengan alam serta budaya di sekitarnya. Itulah mengapa ecovillage sering juga disebut wisata lingkungan. Di Sumatera Utara, destinasi seperti ini bisa ditemukan di Desa Silimalombu.

Silimalombu Ecovillage dan Farmstay

Desa Silima Lombu yang jika diterjemahkan berarti '5 lembu' ini berada di pedalaman kabupaten Samosir. Terletak di daerah terpencil dan butuh perjuangan ekstra. Ingin mengeksplor tempat wisata di Danau Toba lewat cara tak lazim, maka berkunjunglah ke Silimalombu Ecovillage.

1. Wisata Desa Berbasis Lingkungan di Samosir

credit: @iamtartokweek
Perlu diakui, destinasi unik ini memang tidak banyak diketahui wisatawan. Kebanyakan pengunjungnya pun merupakan turis asing. Namun, daya tariknya tak sekedar Danau Toba saja tetapi konsep wisata lingkungan yang ada di Silimalombu Ecovillage/Farmstay patut diapresiasi.

Predikat 'liburan anti mainstream' memang layak disematkan kepada Silimalombu Ecovillage. Selain butuh perjuangan ekstra untuk sampai disini, pengalaman luar biasa dan tak terlupakan akan didapatkan oleh wisatawan.

Hampir sama dengan Taman Eden 100, pun Silimalombu Ecovillage mengusung konsep ekowisata bertemakan 'botanical garden'. Suguhan elegan Danau Toba di pelosok Samosir yang didirikan oleh Ratnauli Gultom ini akan membuat Traveler bak menyatu dengan pesona pulau Samosir.

2. Kegiatan Menarik di Silimalombu Ecovillage

credit: @sius_berasa46
Jika traveller termasuk orang yang kerap merasa tak nyaman liburan di tempat ramai, cobalah menyusun agenda traveling ke Desa Silima Lombu. Terdapat berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berkunjung.

Nah, pengunjung bisa ikut terlibat layaknya penduduk desa dan melakukan kegiatan yang lumrah dilakukan warga seperti mengolah hasil pertanian, bercocok tanam, memanen padi, memetik buah mangga dan memancing ikan/lobster di tepi Danau Toba serta berinteraksi dengan masyarakat.

Kegiatan wisata lingkungan di salah satu desa di kecamatan Onan Runggu tersebut diharapkan jadi cikal-bakal kecintaan pengunjung terhadap alam dan ikut mendukung pelestarian ekosistem. Kalau selama ini terbiasa mengejar destinasi instagenik, sudah saatnya untuk mencari pengalaman melalui wisata edukatif.

3. Rute dan Lokasi Silimalombu Ecovillage

credit: @leonardositumorang
Durasi perjalanan ke destinasi wisata lingkungan ini sekitar 8 jam, melalui rute Medan - Simpang Tiga (Sidikalang) - Pangururan - Ambarita - Simanindo - Desa Silima Lombu. Ecovillage dan Farmstay ini masuk ke wilayah Kecamatan Onan Runggu.

4. Fasilitas di Silimalombu Ecovillage
Selain kegiatan menarik yang sudah dipaparkan sebelumnya, disini terdapat beberapa fasilitas lainnya seperti homestay yang masing-masing view-nya menghadap langsung ke Danau Toba dan membelakangi area perbukitan.

Meski bukan termasuk tempat wisata terbaru di Samosir, keindahan serta pengalaman usai berkunjung dari desa wisata berbasis lingkungan ini sepertinya wajib dirasakan. (AN/PSN)
Silimalombu Ecovillage, Wisata Berbasis Lingkungan di Samosir Reviewed by Pariwisata Sumut on 6/12/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.