Top Ad unit 728 × 90

Sigapiton, Desa Wisata di Lembah Tobasa yang Menakjubkan

-- --
Keunikan alam dan budaya yang dapat ditemukan di Sumatera Utara memang bikin takjub. Jika berencana untuk mengunjungi Kabupaten Toba Samosir dalam waktu dekat, tak salah rasanya jika sesekali berlibur anti mainstream, yaitu mengunjungi Desa Wisata Sigapiton yang ada di salah satu lembah di Danau Toba.

Di desa yang populer dengan tanaman bawang merah ini, akan ada banyak kegiatan wisata seru. Mulai dari melihat kehidupan masyarakat, menginap di homestay unik berbentuk telur, seru-seruan di pantai hingga menaiki perbukitan untuk melihat bentang alam Sigapiton.

desa wisata sigapiton
desa sigapiton - credit: @_arie.prasetyo_
Dirancang hits dan kekinian, Sigapiton yang masuk ke dalam wilayah administratif Kecamatan Ajibata dengan luas kawasan sekitar 5 hektar ini merupakan destinasi terbaru di seputaran Balige dan Tobasa.

Desa Wisata Sigapiton

Selain Bukit Gibeon dan Pantai Lumban Bul Bul yang menakjubkan. Sejatinya, Sigapiton mempunyai kondisi alam yang sama menariknya.

1. Desa Wisata di Lembah Tobasa yang Menawan

desa wisata sigapiton danau toba
sigapiton village - credit: @this_is_indonesia_
Bagi etnis Toba, perkampungan selalu diberi istilah Huta dan memiliki beberapa ciri khas yang unik. Sebut saja warga di dalamnya yang selalu memiliki ikatan marga, pemilihan lokasi jauh dari pusat keramaian hingga keberadaan gerbang masuk di masing-masing desa.

Maka jangan heran jika di seputaran Geopark Toba terdapat banyak destinasi desa wisata potensial. Beberapa diantaranya bahkan sudah sangat dikenal oleh turis mancanegara seperti Huta Siallagan dan Simanindo.

Dengan status sebagai tourism village, Sigapiton memang masih tergolong baru dibandingkan desa wisata lain yang sudah disebutkan di atas. Pun potensinya baru mulai dilirik beberapa tahun terakhir, tepatnya setelah The Kaldera dibangun.

Namun, desa wisata ini tidak memerlukan waktu lama untuk segera mensejajarkan diri. Terbukti jelas dari ragam amenitas wisata yang dengan mudahnya dapat ditemukan. Bukan hanya karena fasilitas itu, keindahan alamnya tentu jadi salah satu alasan mengapa tempat ini begitu cepat naik daun.

Kontur alam desa di Kecamatan Ajibata ini memang luar biasa menarik, posisinya seolah terkepung oleh perbukitan dan persawahan. Tak jauh dari desa ini, ada pula pantai menarik yang diberi dengan nama serupa yaitu Pantai Sigapiton.

2. Atraksi Wisata yang Seru

homestay di desa sigapiton
homestay - credit: @finiayustyanti
Kondisi geografis dengan wilayah bebatuan membuat tempat ini menjadi salah satu sentra penghasil bawang merah di Danau Toba. Karena mata pencarian masyarakatnya adalah petani, maka di desa ini turis dapat menikmati pengalaman berwisata agro.

Sisi menarik lain dari kampung ini yakni adanya pantai yang jernih dan menenangkan. Di pantai tersebut, tersaji pemandangan Danau Toba yang masih asri.

Kemudahan akses juga bisa dipertimbangkan, lantaran lokasinya tak terlalu jauh dari Ajibata dan Parapat, hanya menghabiskan 1 jam perjalanan. Jika ingin menghabiskan masa liburan ke sini, pengunjung tidak perlu pusing memikirkan akomodasi hotel lagi lantaran sudah ada 2 buah homestay unik yang bentuknya mirip seperti seperti telur untuk dijadikan penginapan (an/psn)
Sigapiton, Desa Wisata di Lembah Tobasa yang Menakjubkan Reviewed by Pariwisata Sumut on 9/07/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.