Widget HTML Atas

9 Danau di Aceh Paling Fenomenal, Terbesar & Hits Dikunjungi

Jika selama ini Danau Laut Tawar menjadi satu-satunya danau terbesar di Aceh Tengah yang kamu ketahui. Maka lewat artikel ini kamu akan menemukan sederet nama destinasi wisata danau di Aceh lainnya yang alami dan juga menarik untuk segera dikunjungi di provinsi ini.
 
Provinsi Aceh memang memiliki danau yang jumlahnya mencapai 12 buah. Dimana lokasinya tersebar di beberapa daerah dan kabupaten. Meski tidak semua populer, tetapi ada juga yang justru terkenal hingga ke mancanegara. Salah satunya adalah Takengon yang bahkan sudah hits di kalangan turis karena indahnya.
 
Perairan danau di Provinsi Aceh dapat dijadikan destinasi alternatif bagi Anda untuk menghabiskan waktu berlibur. Pasalnya, setiap destinasi seolah menyajikan keindahan dan keunikan dengan fenomena tersendiri yang mungkin tidak akan dijumpai di tempat lain.
 

Danau di Aceh

Berikut adalah daftar danau yang terdapat di Aceh, mulai dari yang terbesar, terunik hingga paling rekomended dikunjungi wisatawan.
 

Danau Laut Tawar

Danau Di Aceh
Danau Laut Tawar, Aceh - Image Credit: Instagram/mhidayatullah
Laut Tawar adalah danau terluas di Aceh yang membentang pada dataran tinggi Tanah Gayo. Danau ini juga menjadi perairan darat terbesar sehingga sering dipilih sebagai lokasi Festival Danau Lut Tawar (FDLT). FDLT merupakan kegiatan budaya yang dikombinasikan dengan pariwisata di Takengon, Aceh Tengah.
 
Danau ini berasal dari 25 aliran sungai yang bermuara ke Laut Tawar. Adapun kedalamannya berada pada rentang 26 hingga 620 meter. Meskipun diberi embel-embel laut, tetapi danau ini justru terletak di dataran tinggi. Itulah yang kemudian menjadi salah satu keunikannya.
 
Sementara itu, masyarakat Gayo yang tinggal di sekitar danau memanfaatkan perairan di dataran tinggi ini sebagai sumber mata pencaharian. Mereka rerata berprofesi sebagai nelayan yang mencari ikan. Sebagian lagi membuka lahan pertanian karena tanah di Lut Tawar memang sangat subur.
Alamat: Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah, Aceh 24511 (Peta Lokasi)
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

Danau Biru Rerebe

danau biru rerebe di aceh
image credit: deni wahyudi/fb
Tempat kedua yang dapat kamu kunjungi untuk menikmati waktu liburan di Aceh untuk bersantai adalah Danau Biru Rerebe. Danau ini bisa dibilang sangat terkenal di wilayah Gayo Lues, lho! Apalagi di sekitar kawasan ini terdapat sebuah air terjun yang langsung mengalir menuju danau.
 
Sampai sekarang, Kolam Rerebe masih menjadi satu-satunya danau biru di Aceh. Terletak di Tripe Jaya, danau ini sendiri bertipe danau buatan. Pengelola sengaja membendung air terjun sehingg ceruk seluas 100x100 meter tersebut terpenuhi oleh air.
 
Danau biru yang ada di Aceh ini nyaman dikunjungi bersama orang terdekat. Banyak warga plesiran ke sini saat akhir pekan. Menurut info yang sering diberitakan media, warna biru di danau tersebut berasal dari dasar danau yang didominasi oleh batu kapur.
 
Lokasi: Desa Rerebe, Kecamatan Tripe Jaya, Gayo Lues, Aceh.

Danau Bungara

danau di aceh
image credit: pariwisatasumut.net
Dengan luas mencapai 85,6 hektar, Bungara merupakan danau terbesar kedua di Aceh yang diapit oleh 4 desa. Danau ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai lahan perikanan oleh warga lokal, tetapi potensinya juga dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan rekreasi wisata di Singkil.
 
Namun jangan khawatir, sektor perikanan di danau tersebut masih bersifat tradisional. Jadi tidak akan berpotensi menyurutkan keindahan maupun ekosistem perairan di sana.
 
Baru-baru ini ditemukan fenomena unik di Danau Bungara. Di mana ikan yang biasanya hidup di laut justru ditemukan oleh nelayan di tempat tersebut. Fenomena langka itu sempat menggegerkan nelayan dan membuat orang yang berkunjung ke Danau Bungara semakin bertambah banyak.

Danau Aneuk Laot

image credit: @pemahatcakrawala
Ingin melihat danau di kawasan pulau? Cobalah sesekali wisata di Sabang. Di sana kamu akan menjumpai danau yang diberi nama Aneuk Laot. Sebuah danau yang dikelilingi oleh laut dan hutan tropis. Danau ini juga kerap diasosiasikan dengan tanah Aceh.
 
Suasana tropis yang ditawarkan oleh Danau Aneuk Laot akan membuat Anda terpikat. Pertimbangkan juga untuk bermalam saat kemari. Karena selain bisa merasakan dinginnya malam. Langit bertabur bintang akan menjadi kombinasi yang sempurna untuk dilihat pada malam hari di danau tersebut.
 
Tempat ini mempunyai sebuah cerita menarik, yaitu mengenai asal usulnya yang kerap dikisahkan warga. Konon, air danaunya berasal dari air laut yang tertahan di daratan pulau Weh. Jika alurnya diikuti, hampir sama dengan Danau Laut Tinggal.

Danau Kemiki

danau kemiki - image credit: @teukurizal.dc
Opsi selanjutnya adalah Danau Kemiki yang bisa Anda temukan di Geumpang, Pidie. Namun, untuk bisa menengok pesonanya, kamu harus mendaki gunung dan mengikuti ekspedisi khusus. Sebab letak danau ini berada di wilayah pedalaman Aceh.
 
Danau ini terhampar di ketinggian 2.780 mdpl sehingga menobatkan namanya sebagai danau tertinggi di Aceh. Ekspedisi ke Danau Kemiki pun agak jarang dibuka. Kecuali Anda ingin mengeksplornya melalui program trip yang dirancang oleh tour operator lokal.
 
Sebagai danau tertinggi, tentu saja tempat ini diapit oleh beberapa gunung. Pesona danaunya tak hanya berasal dari tampilannya yang mirip Ranukumbolo. Tetapi juga vegetasi tumbuhan liar di sana pun sangat memukau, seperti Bunga Raflesia, Anggrek Langka dan Kantong Semar.
 
Lokasi: Peut Sago, Kecamatan Geulumpang, Pidie, Aceh

Danau Laut Tadu

image credit: @@ahkalilifahranaa
Mungkin banyak yang belum tau dengan Danau Laut Tadu yang ada di Nagan Raya. Danau ini cocok banget untuk spot rekreasi bareng orang terdekat ataupun keluarga. Pasalnya, pengelola sudah menyediakan beberapa wahana permainan air yang seru untuk dinikmati.
 
Damai, sejuk dan indah menjadikan danau di Nagan Raya ini mampu menyihir setiap wisatawan. Panorama alamnya tak tertutupi meskipun lokasi danau tersebut terhampar di antara lahan perkebunan sawit. Siapun yang melihatnya dijamin bakal jatuh cinta!
 
Kamu bisa menjangkau danau yang romantis ini dengan menggunakan kenderaan pribadi. Meski danaunya tak cukup dekat dari Banda Aceh, danau ini lumayan sering didatangi warga dari kota Banda kok mengingat jalan ke sana lumayan mudah untuk dijangkau.
 
Lokasi: Desa Alue Gajah, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya, Aceh
 

Danau Pinang

image credit: syah rial/googlemap
Danau Laut Nie Pineung Suasa atau sering dipanggil Danau Pinang ini menambah semarak wisata Aceh Jaya. Danau ini hanya berjarak 47 kilometer saja dari Calang. Tetapi jika diakses dari Banda memerlukan waktu kurang lebih 3 jam. Cukup jauh memang, tapi destinasi ini hits juga dikunjungi oleh wisatawan.
 
Daya tarik dari danau ini adalah posisinya yang hanya berada di ketinggian 13 meter di atas permukaan laut. Tempatnya bisa banget kamu gunakan untuk bersantai dan menenangkan diri. Sebab, fasilitas yang mendukung kegiatan pariwisatanya sudah terlengkapi.
 
Lokasi: Desa Pasi Timon, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya

Danau Paris

image credit: @ulfianhaitami
Meski namanya seperti di luar negeri, tetapi kamu akan kaget setelah mengetahui jika danau berukuran kecil ini masih berlokasi di Aceh. Persisnya di wilayah Biskang, Kecamatan Danau Paris. Danau ini bisa menjadi opsi lain saat kamu ingin liburan ke alam bebas.
 
Kendati danaunya tidak begitu luas. Melalui Danau Paris, kamu bisa merasakan tenangnya berlibur di alam bebas. Jika bosan hanya memandang-mandang saja, beberapa kapal nelayan bisa disewa saat kamu hendak menyusuri danau.
 
Jalan ke Kecamatan Paris memang tak semudah yang dibayangkan. Kamu perlu menyiapkan fisik dan energi ekstra. Begitu juga dengan perbekalan sebelum mengemudikan kenderaan. Meski begitu, jangan jadi enggan berkunjung kemari ya.
 

Danau Peastep

danau di aceh
danau peastep - image credit: wanhar alkausar/fb
Danau Peastep adalah danau bervolume 1,8 meter kubik di Gayo Lues. Karena hanya mampu menampung pasokan air yang sedikit. danau ini lantas ditetapkan menjadi danau terkecil di daerah Aceh.
 
Danau yang ditemukan di atas lahan seluas 10 hektar ini banyak dipilih untuk menghabiskan akhir pekan. Setiap hari sabtu dan minggu, pesisir danau akan dipenuhi oleh warga yang asik bertamasya. Sebagian lagi memilih berenang di area yang dangkal.
 
Telihat sejuk dan segarnya udara di seputaran Danau Peastep ini, wajar jika akhirnya banyak pengunjung memilih piknik kecil-kecilan disini. Terutama oleh kawula muda yang butuh tempat refreshing. Sebab pada malam hari, mereka dapat memasang tenda dan mengadakan api unggun dipinggiran danau.
 
Itulah dia daftar rekomendasi danau di Aceh yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari danau terbesar, terkecil hingga paling hits dikunjungi wisatawan. Kamu sudah berencana untuk pergi ke sana dalam waktu dekat?

Berlangganan via Email