Widget HTML Atas

11 Oleh-Oleh Khas Tebing Tinggi yang Terkenal dan Recommended

Terpaut jarak 61 km dari Medan, Tebing Tinggi terkenal akan letaknya yang wajib dilalui ketika bepergian ke berbagai tujuan. Lantaran populer sebagai kota persinggahan, sepertinya kurang lengkap bila tak membawa oleh-oleh khas Tebing Tinggi.

Sedari dulu, Tebing Tinggi memang punya beragam sajian kuliner dan makanan khas bercita rasa spesial. Sebut saja aneka kue, makanan ringan dan minuman lezat. Selain mencicipinya, banyak diantaranya yang sangat menarik untuk Anda jadikan oleh-oleh khas.

Oleh-oleh seperti apa yang enak dan mudah dibawa dibawa pulang dari kota Tebing Tinggi? Agar tidak pusing memilih satu per satu, kali ini Pariwisatasumut.net akan membantu kamu menemukan rekomendasi oleh-oleh Khas Tebing Tinggi mencakup kue, pakaian hingga kerajinan tangan.

Lemang Spesial

oleh-oleh tebing tinggi
image credit: instagram.com/nining_kc

Lemang merupakan makanan berbahan dasar beras ketan, santan kelapa dan garam. Jika di tempat lain makanan ini dihidangkan pada saat Idul Fitri atau Natal saja, maka berbeda dengan oleh-oleh khas Tebing Tinggi satu ini karena Anda bisa mendapatkannya kapan pun Anda mau.

Untuk membelinya, langsung saja ke pusat oleh-oleh di kota Tebing Tinggi yang terletak di seputaran jalan Lama dan Jalan Yos Sudarso. Di kedua jalan tersebut terdapat banyak sekali deretan toko souvenir. Jadi tak hanya Lemang, buah tangan yang lain bisa diperoleh di sana.

Tetapi jika Anda ingin membelinya secara online, beberapa pembuat Lemang telah membuka lapak mereka melalui market place. Sebagian lagi menjual produk mereka menggunakan media sosial Instagram, Google Bisnis dan Facebook.

Roti Kacang

oleh oleh tebingtinggi
image credit: perbaungan.snack
Kendati dijuluki kota terbesar ketiga di Sumatera Utara, Tebing Tinggi masih terkenal sebagai daerah agribisnis. Berbagai hasil pertanian dari daerah ini pun diolah kembali menjadi panganan lezat, salah satu contohnya yaitu roti kacang.

Sesuai dengan namanya, roti kacang terbuat dari kacang tanah, merah atau kacang hijau yang dihaluskan. Kemudian dibalur tepung terigu sebelum dipanggang di dalam oven panas dengan temperatur tertentu. Setelah masak, roti dibungkus untuk diedarkan ke berbagai warung jajanan.

Harga oleh-oleh Tebing Tinggi seperti makanan ringan berbentuk roti ini sangat terjangkau. Harga per bungkusnya lumayan murah karena hanya dibanderol mulai dari Rp8.000-an. Karena kemasannya tidak besar, buah tangan ini gampang dibawa dan tidak akan bikin Anda repot.

Halua

image credit: insatagram/cemilan_kita
Kuliner yang menjadi makanan khas dari Tebing Tinggi selanjutnya adalah Halua. Makanan bercita rasa manis dan berwarna-warni karena terbuat dari berbagai jenis buah dan sayuran ini, berasal dari masyarakat Melayu yang memang mendominasi daerah tersebut.

Halua terdiri dari buah gundur, cabe, wortel, daun pepaya, kolang kaling, terong dan lainnya. Dalam pengolahannya, manisan ini ditaburi gula terlebih dahulu. Setelah tercampur merata, seluruhnya diendapkan beberapa hari lamanya.

Makanan ini lebih sering dihidangkan untuk menu buka puasa. Namun, sebagian masyarakat juga membuat makanan ini sebagai oleh-oleh ketika akan mengunjungi rekan atau sanak saudara ketika hari lebaran tiba.

Kain Ulos

udulossimatupang_grosirulos
Siapa tak kenal dengan oleh-oleh khas Sumatera Utara ini? Mengingat bahwa kain tradisional ini sudah tersebar ke seantero Sumut, maka di kota Tebing Tinggi, Anda juga tak akan kesulitan mencarinya. Cukup pergi ke pusat pasar tradisional karena di sana terdapat banyak penjual ulos.

Seperti diketahui, terdapat beragam jenis ulos yang dapat Anda jadikan souvenir. Karena itu, harganya pun bervariasi, untuk kain tenun yang merupakan hasil produksi tekstil, biasanya Rp30.000. Sedangkan untuk versi tenun tangan harganya tidak murah, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp250 ribu ke atas.

Baca: 8 Deretan Hotel di Tebing Tinggi, Nginap Murah dari 80-ribuan

Kaos Tebing Tinggi

image credit: alamakjang_id
Souvenir lain yang Anda bisa jadikan sebagai oleh-oleh dari Tebing Tinggi yakni kaos pakaian. T-shirt atau kaos ini adalah hasil karya kreatif anak muda lokal. Desain bajunya menampilkan gambar dari sederet ikon atau landmark terkenal di kota adipura ini, seperti tugu dan becak.

Selain landmark, kaos-kaos tersebut juga dibubuhi kata-kata gaul Tebing Tinggi yang khas dan biasa dipakai kawula muda. Karena tampilannya yang berbeda dan tidak pasaran, Anda atau rekan keluarga yang memakainya pasti akan merasa sangat bangga saat mengenakannya.

Baca: 14 Tempat Wisata di Tebing Tinggi yang Menarik untuk Dikunjungi

Tenun Melayu

image credit: insatagram.com/tenundeli
Keberagaman suku dan etnis yang tinggal di kota ini membuat Tebing Tinggi sangat kaya akan karya seni berbau tradisional. Kota dengan jumlah penduduk mencapai 174 ratus ribu jiwa ini juga didiami suku Melayu yang identik dengan hasil karya seni berupa kain tenun yang cantik.

Selain cantik, tenun ini punya kualitas yang bagus. Motifnya tidak usang meski dimakan zaman. Dari dahulu hingga sekarang, tenun Melayu memang diproduksi cukup terbatas. Karena itu pula, harganya cukup mahal dengan kisaran ratus sampai jutaan di toko oleh-oleh.

Karena kualitasnya yang bagus dan kuantitasnya yang tergolong langka, maka karya seni yang dapat dipilih untuk dijadikan souvenir ini cocoknya diberikan kepada orang spesial. Seperti orangtua, sahabat dekat maupun orang yang Anda sayangi.

Amanda Brownies

image credit: @amandabrownies
Ada lagi oleh-oleh khas tebing tinggi yang namanya sudah populer yaitu Amanda Brownies yang dikenal nikmat, manis dan lezat. Tak heran jika kue kukus ini banyak diminati wisatawan. Bahan dasarnya terbuat dari tepung yang dicampur dengan coklat, gula, santan dan resep rahasia.

Camilan dan jajanan nya juga bermacam-macam, seperti cheese stick, sweet stick dan cheese roll. Kamu pasti pengen banget ngeborong semua jajanan itu. Yap, melihat pajangan camilannya yang berderet di etalase asli bikin kalap!

Meski etalase kuenya sangat banyak, namun camilan paling disukai adalah bolu pandan dan beef pastry. Nah, jika tertarik membeli Brownies Amanda untuk oleh-oleh, Anda bisa langsung ke tokonya di Jl. Sudirman No. 147, Tebing Tinggi Kota.

Dsho Doughnuts

image credit: dsho donuts
Dsho Doughnuts merupakan makanan kekinian yang menambah daftar oleh-oleh Tebing Tinggi. Dalam satu kotak, terdapat 6 varian donut yang dihadirkan dengan cita rasa berbeda. Menariknya lagi, tersedia juga minuman segar yang spesial dibuat sebagai pendamping buah tangan tersebut.

Donut ini sudah di-packing praktis sehingga enteng dibawa kemana-mana. Meski untuk perjalanan jauh sekali pun, Anda tidak akan kerepotan membawanya. Anda bisa menemukannya di toko kue yang buka dari pagi hingga malam hari pukul 20.00 waktu Indonesia barat.

Letaknya di jalan no 23, kota Tebingtinggi. Soal harga, donut kekinian tersebut dijual perbiji. Jika mau membeli dalam jumlah banyak, ada yang sudah dikemas per paket dengan harga yang tentunya lebih eknomis dan murah.

Roti Kacang Cap Rajawali

image credit: roti kacang cap rajawali
Gurih, lumer dan renyah adalah kata-kata yang pas untuk menggambarkan panganan ini. Jika baru pertama melihat, Anda pasti terkecoh dan mengira kalau panganan tersebut ialah kue Bakpia. Apalagi dengan warna kulit rotinya yang nampak begitu mirip.

Sebagai salah satu racikan oleh oleh khas Tebing Tinggi terbaik. Roti ini memang banyak diproduksi toko kue dan UMKM yang tak terhitung jumlahnya. Tapi dari puluhan toko, cap Rajawali masing menjadi pemegangnya. 

Sangking gurih dan enaknya, roti yang dibuat dengan menggunakan kacang hijau dan kacang hitam ini sudah dipasok ke berbagai penjuru kota di Sumatera Utara. Bahkan tak sedikit pedagang buah tangan yang menjajakan di daerah jalan tol Perbaungan - Tebing Tinggi.

Lemang Batok

image credit: medan.tribunnews.com
Lemang Batok adalah kuliner terakhir yang recommended untuk Anda jadikan buah tangan. Dibanding dengan lemang sebelumnya, lemang ini diolah melalui proses yang unik. Dimana bahan bakarnya menggunakan batok kelapa.

Proses pembuatan kuliner ini sendiri membutuhkan waktu sekitar 4 - 5 jam. Setelah mencapai tingkat kematangan tertentu, wadah bambu yang menampung beras ketan akan dibelah. Rasanya manis, pulen dan sedikit berminyak saat dimakan.

Lantaran pengolahannya memakai bahan bakar khusus, maka aroma dari Lemang Batok yang tercium di hidung sangatlah wangi. Kendati makanan ini awet hingga berhari-hari, sebaiknya minta penjual untuk tidak membelah bambu penutup agar lebih tahan lama.

Aneka Kerajinan Tangan

Setiap kali PRSU Medan diadakan, Tebingtinggi selalu ikut berpartisipasi. Dalam bidang kerajinan tangan, UMKM di kota ini sudah memproduksi berbagai produk jadi yang layak untuk buah tangan Anda, seperti batik khas Tebing, pakaian bordir dan aneka aksesoris.

Nah, itulah dia oleh-oleh khas di Tebing Tinggi yang lezat dan nikmat. Jika tak tertarik dengan makanan atau minuman, Anda bisa memilih buah tangan dalam bentuk barang seperti souvenir dan hasil karya seni lainnya.

Berlangganan via Email