Widget HTML Atas

Pantai Anoi Itam Beach: Pesona, Tiket Masuk dan Lokasi

Pantai Anoi Itam merupakan objek wisata bentang pantai yang terletak di pinggir laut wilayah Sabang. Berada di tepi laut dengan pasir berwarna hitam membuat tujuan wisata ini menyajikan ciri khas tersendiri. Alhasil, wisata Sabang satu ini banyak diminati.
 
image credit: googlemap dimas wicaksono/aldi
Bahkan wisatawan dapat melihat jelas hamparan butiran pasir halus yang menutupi permukaan tanah di sepanjang kawasan pantai ini. Alhasil, sajian pesona alam wisata Anoi Itam Beach yang terbentang begitu luas tersebut tampak sangat memukau mata.
 
Dengan pasir hitam disertai pemandangan batu karang yang tak henti memecah ombak, menjadikan pantai di kawasan Sukaraja ini jadi primadona wisatawan. Tak hanya di kalangan domestik, pun turis mancanegara sangat suka berenang di kolam alaminya ketika musim panas sedang berlangsung.
 

Tiket Masuk Pantai Anoi Itam

Pantai ini sekaligus menjadi objek wisata yang terjangkau dari segi biaya. Kendati kawasannya dikelola oleh Anoi Itam Resort, tetapi harga tiket masuk yang ditawarkan tidak semahal yang dibayangkan.
 
Dengan Rp10.000 per orang, Anda sudah dapat melihat keindahan pantai. Sesudah tiba di gerbang masuk, tiket yang Anda terima sebelumnya bisa ditukarkan minuman atau air mineral. Kalau dipikir-pikir, tidak ada ruginya liburan kemari.
 
Khusus bagi pengunjung yang sudah menginap di resort tidak akan dikenakan biaya tiket alias gratis. Lantaran seluruh area penginapannya bersinggungan dengan pantai, Anda tak lagi perlu pergi ke gerbang masuk.
 

Jam Buka

Bagi pengunjung umum, kawasan pantai dibuka secara terbatas dari pukul 08.00 sampai 17.00 setiap hari. Sementara bagi wisatawam yang memilih bermalam di area hotel bisa menikmati tempat ini selama 24 jam.
 
Waktu terbaik untuk menikmati pantai eksotik ini dianjurkan pada pagi atau siang hari. Ketika matahari sedang terik, pasir hitam yang dibiaskan cahaya matahari akan tampak berkilau. Pesona sunrise di pantai eksotik ini pun tak boleh terlewatkan.


Ragam Pesona dan Aktivitas di Pantai Anoi Itam

Kawasan tepi laut ini sudah lama menjadi area favorit wisatawan untuk menghabiskan masa liburan. Meski dalam sehari jumlah kunjungannya tak sampai ratusan, namun pasti ada saja wisatawan yang suka berlibur bersama rekan, keluarga maupun pasangan.
 
Keseruan berlibur di lokasi Pantai Anoi Itam dapat dijajal dengan berbagai aktivitas wisata. Kegiatan seperti berenang di kolam alami, memancing dan tentu saja berenang. 
 

1. Bermain Pasir

pantai anoi itam
pengunjung asyik menikmati pasir di area pantai - image credit: instagram/safrizalhasbi
Dalam perjalanan menuju lokasi, Anda bahkan sudah bisa melihat pemandangan pantai dengan pasir yang hitam dari kejauhan. Barisan pohon hijau yang mengisi daratan kosong pun ikut menambah eksotika alamnya. Tak dapat dipungkiri, panorama ini pula yang menjadi daya tarik Pantai Anoi Itam.
 
Seolah menggambarkan namanya, kata Anoi dan Itam berasal dari bahasa Aceh yang jika diterjemahkan berarti "tanah" dan "hitam". Seperti dilansir dari Disbudparaceh.go.id, dikatakan bahwa terbentuknya pasir hitam tersebut disebabkan oleh adanya kandungan nikel.
 
Area bibir pantainya yang terawat dan bersih alhasil mendorong pengunjung untuk bermain pasir. Tak sedikit kalangan muda maupun anak-anak asik mengisi keceriaan liburan mereka seperti membangun istana pasir ataupun saling lempar-melempar pasir sembari tertawa bahagia.
 

2. Berenang dan Berendam

anoi itam
kolam renang di kawasan anoi itam resort - image credit: @firmanimenramadhy
Di perairan pantai Anoi Itam, pengunjung sudah pasti tak sabar ingin segera menceburkan diri ke dalam kolam alaminya. Menjajal perairan nan jernih dan biru ini dengan berenang ataupun berendam sudah jadi menu wajib yang tak boleh dilewatkan.
 
Selama berenang di wisata pantai ini, pengunjung akan disuguhkan panorama bawah laut yang tidak ternilai cantiknya. Kendati tempat ini bukanlah area snorkeling, Anda masih bisa menyaksikan eloknya karang dan ikan-ikan kecil yang hilir mudik di dalam airnya.
 
 

3. Menikmati Panorama Pantai

image credit: bou/googlemap
Posisi Pantai Anoi Itam tepat di area semenanjung laut. Ada beberapa buah gazebo atau gardu pandang yang dibangun menjorok ke laut. Dari pinggir tebing daratan tersedia jembatan kecil untuk menyeberang. Jika perairan laut sekitar pantai sedang naik, gardu pandang ini tidak akan akan ikut terendam.
 
Gazebo ini paling asik untuk menikmati seluruh lanskap pantai di berbagai momen. Bukan cuma sunrise, sunset juga dapat wisatawan nikmati dari sini. Sembari menikmati panorama bahari yang memukau, pengunjung sering kali memilih spot ini untuk menambah stok foto traveling.
 
Lembayung senja yang dilurupkan oleh matahari serta langit biru yang tergantikan jingga menjadi momen paling ditunggu para penikmat pantai. Terlebih bagi fotographer yang mengincar pesona sunset, spot ini akan membuat tangkapan kamera sesuai dengan incaran.
 
 

Fasilitas 

Fasilitas di pantai ini sudah tak diragukan lagi kelengkapannya. Selain selalu dimonitor oleh pengelola, destinasi wisata tersebut pun terus dikembangkan untuk mewujudkan serta memenuhi kebutuhan para pengunjung.
 
Kenyamanan, pelayanan dan akses jalur wisata yang mudah bisa Anda dapat selama berlibur di pantai ini. Jika pengunjung membawa kenderaan mobil atau motor pribadi, area parkir yang luas tersedia di pojok pos retribusi mampu menampung puluhan kendaraan.
 
Sedangkan untuk fasilitas di dalam area pantai, Anda akan mendapatkan kamar mandi, bilik bilas dan kursi malas yang berjejer di sepanjang pantainya. Kulineran di sini juga bisa bikin kenyang. Anda tinggal pesan dan melangkah ke restoran di area resort.
 

Lokasi Pantai Anoi Itam

Menemukan lokasi destinasi dan bentang alam pantai eksotik nan unik ini bukanlah perkara sulit. Alamat pantai ini sendiri berada di Gampong Anoe Itam, Kecamatan Sukaraja, Kota Sabang, Provinsi Aceh.
 
 
Jarak dari pusat kota Sabang menuju Anoe Itam kurang lebih 13 kilometer dan dapat ditempuh dengan berkendara selama 30 menit. Di sekitar pantai ada juga Benteng Bunker Jepang, jika waktu luang Anda cukup banyak, bisa sekalian menelusuri destinasi sejarah tersebut.

Berlangganan via Email