Home » , , , » 8 Kosa Kata Dalam Belajar Bahasa Batak

8 Kosa Kata Dalam Belajar Bahasa Batak

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, August 17, 2016 | 3:03 PM


pariwisataSUMUT.Net - Bahasa Batak Toba adalah salah satu bahasa yang banyak digunakan di Provinsi Sumatera Utara. Bahasa ini pada umumnya digunakan oleh masyarakat yang tinggal di Kabupaten Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir dan sebagian wilayah kabupaten Dairi serta Simalungun. 

Bahasa tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, namun juga berfungsi sebagai identitas suatu daerah atau suku. Bahasa Batak Toba berbeda dengan bahasa Batak Simalungun, Karo dan Pakpak. Dalam bahasa Batak terdapat beberapa kosa-kata yang tidak layak digunakan bila tengah berkomunikasi dengan orangtua. Hal tersebut dianggap tabu/tidak sopan. Istilah "dang maradat" yang dalam bahasa Indonesia berarti tidak beradat adalah hal yang paling memalukan, oleh sebab itu pula sebagai suku Batak, perlu adanya mempelajari kosa-kata berikut agar tidak dipandang negatif bila tengah berkomunikasi dengan yang lebih tua. 



Simanjojak = Pat
Pat (bahasa Batak Toba) kaki (bahasa Indonesia). Kosa-kata Simanjojak biasanya digunakan bila tengah berbicara dengan orang yang lebih tua.
Contoh kalimat:
Nungnga loja simanjojak ni Simatua, hundul do ibana di topi tao Toba.
Sudah lelah kaki mertua, ia duduk di tepi danau Toba.


Simalolong = Mata
Simalolong dalam bahasa Batak Toba berarti Mata, nah di Bahasa Batak, kata yang merujuk kepada indera penglihatan ini juga biasanya menggunakan kata “mata” bila tengah berbicara dengan orang yang seumuran dengan kita atau boleh juga lebih muda, namun bila berkomunikasi dengan yang lebih tua, gunakan lah kata “Simalolong”.
Contoh kalimat:
Ada Rambut di Mata Ibu
Adong obuk di Simalolong Ni Inong

Siubeon = Butuha
Siubeon atau Butuha (Bahasa Batak Toba) dan bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti perut. Sama halnya dengan kosa-kata diatas, Siubeon digunakan untuk orang yang layak kita hormati seperti usianya yang lebih tua.
Contoh kalimat:
Perut paman terlihat besar, ia habis makan
Siubeon ni tulang tarida balga, imana sae mangan.


bahasa Batak Toba
Selain ke 3 kosa kata berikut diatas, masih ada loh kata lainnya yakni: Sitarupon (kosa-kata lembut) Obuk (kosa-kata kasar) yang dalam bahasa Indonesianya berarti Rambut. Ada juga Simangido (kosa kata lembut) Tangan ( kosa-kata kasar) yang dalam bahasa Indonesia berarti Tangan. Simanjujung (kosa-kata lembut) dan Ulu (kosa kata kasar) yang berarti kepala bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Budaya Sumut yang beranekaragam dan kaya sudah tentu memperkaya khasanah kebudayaan Indonesia. Taukah kamu? Budaya adalah salah satu daya tarik wisata terutama mereka para tamu yang berasal dari luar negeri. Jadi mari kita mempelajari budaya kita sebagai wujud rasa cinta tanah air. Salam Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara(Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net