Top Ad unit 728 × 90

9 Air Terjun Terindah di Tapanuli Tengah Ini Masih Alami Lho!

-- --
Air Terjun di Tapanuli Tengah - Keindahan Tapanuli Tengah memang sudah sangat terkenal dan jadi incaran wisatawan dari berbagai daerah. Selain destinasi bahari, kabupaten ini juga di kelilingi oleh sederet panorama alam menarik dan eksotis yang tersebar di berbagai wilayah kecamatan.

Ada banyak sekali wisata berupa air terjun di Tapanuli Tengah yang tentunya wajib dikunjungi. Sebagian besar air terjun eksotis tersebut kondisinya masih sangat alami sehingga cocok untuk kamu yang ingin menemukan destinasi baru dan tersembunyi di Kabupaten Tapteng.

1. Air Terjun Mursala
mansalaar island
Salah satu destinasi air terjun terindah di Sumatera Utara adalah Air Terjun Mursala. terletak di gugusan pulau-pulau kecil di Tapanuli tengah. Lokasinya yang berada di lautan Samudera Hindia menempatkan namanya sebagai satu-satunya air terjun di tengah pulau. Persis jatuh ke permukaan air laut, tinggi air terjun Mursala sekitar 35 meter. Keadaan ombak menuju pulau dan air terjun Mursala terkadang cukup tinggi, meski dilengkapi life jacket, jika ingin ke Pulau Mursala, sangat dianjurkan untuk memantau kondisi laut melalui data dari badan resmi.

Detail Air Terjun Mursala
Dapat ditempuh dari Pelabuhan yang ada di Pandan dan Sibolga menggunakan kapal boat atau nelayan dengan waktu tempuh 2-3 jam perjalanan laut.
Biaya masuk ke Air Terjun Mursala tidak ada sama sekali, biasanya para pengunjung menggunakan trip organizer melalui paket wisata murshala.
Artikel panduan: Eksotis! Keindahan Pulau dan Air Terjun Mursala Ini Tidak Ada Duanya

2. Kolam Renang dan Air Terjun 'Gorbus'
air terjun gorbus
Melengkapi air terjun di Tapanuli Tengah, inilah Gorbus yang selalu dipadati pengunjung usai booming beberapa waktu lalu. Selain menceburkan diri di area jatuhnya air terjun Gorbus, tersedia juga spot kolam renang.

Detail Gorbus
Dari Pandan, ibukota Tapteng ke Desa Sibintang, lokasi dimana Gorbus berada. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan. Kondisi jalan kini sudah tergolong baik
Biaya masuk ke destinasi ini sekitar Rp5.000/orang dan belum termasuk parkir.
Artikel panduan: Air Terjun Gorbus dengan Kolam Renang dan Landskap Sibolga

3. Air Terjun Aek Logan
aek logan via @fahrinsmr
Objek wisata di Tapteng ini baru ditemukan juga. Letaknya yang berada di areal hutan lebat secara otomatis membuat Air Terjun Aek Logan jarang dikunjungi. Kecuali oleh para pecinta lintas alam. Namun sesungguhnya, keindahan Aek Logan tak kalah dari sederet wisata alam lainnya.
Baca: 8 Wisata Unggulan di Sumatera Utara

Detail Air Terjun Aek Logan
Letak Aek Logan di Sidaling yang masuk kecamatan Pasaribu Tobing.
Nah, berhubung belum dijadikan tempat wisata secara resmi, masuk ke tempat ini masih gratis kok.
Biaya masuk ke destinasi ini sekitar Rp5.000/orang dan belum termasuk parkir.
Jika ingin mengunjungi air terjun Logan, kamu akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Sibolga melalui rute ke Sorkam.

4. Air Terjun Aloban
air terjun aloban
Cocok juga lho untuk pemandian alam karena kawasan Air Terjun Aloban ini cukuplah luas. Jadi jangan heran kalau lagi ke sini, kamu akan melihat banyaknya pengunjung. Ada yang sekedar menikmati hijaunya alam sekitar ada juga yang berenang di kaki air terjun. Debitnya tidak deras kok, jadi aman. tidak terlalu deras. Suka foto alam dan landskap sekaligus, air terjun bertingkat ini rekomendasi terbaik deh buat kamu.

Detail Air Terjun Aloban
Air Terjun Aloban ini terletak di Desa Aloban, Kecamatan Tapian Nauli. Jaraknya tidak jauh, dari Sibolga cuma 15,0 km alias 35 menit saja.
Tiap pengunjung hanya perlu bayar 5 ribu rupiah, murah kan
Baca juga: Pulau di Tapanuli Tengah

5. Air Terjun Sihobuk
sihobuk via hadi prayetno
Eit, ini bukan makanan dari Dolok Sanggul yang terkenal itu ya sob. Nah, Air Terjun Sihobuk ini sudah terkenal sejak lama sih. Suasana hutan dan air terjun yang begitu sejuk bikin kamu betah berlama-lama di tepi sungai. Berhubung selalu ramai, di Sihobuk ini sudah ada penjual makanan lengkap, jadi kamu tak perlu bawa bekal dari rumah dan ada gazebo untuk tempat bersantai. Karena jaraknya dekat dari Pandan begitu juga Sibolga, kalau lagi kepanasan lari ke Sihobuk aja untuk menyegarkan suhu tubuh.

Detail Sihobuk Air Terjun
Gampang diakses, tepat berada di Sibuluan Nalambok. Satu desa di kecamatan Sarudik.
Jarak dari Sibolga ke air terjun Sihobuk sekitar 7,3 kilometer saja sob, kalau pakai kendaraan hanya 18 menit.
Harga masuk ke wisata Sihobuk cuma Rp5.000, jadi tidak khawatir dengan isi kantong, kan?

6. Air Terjun Lubuk Buaya
Namanya unik, kan? tetapi jangan buru-buru takut, tidak ada buaya kok di sini. Alamnya cukup asyik, mungkin karena air terjunnya tidak terlalu tinggi ditambah volume yang sedikit membuat Air Terjun Lubuk Buaya jarang dikunjungi wisatawan. Padahal, dekat dari Pinang Sori lho, salah satu bandara di Sumatera Utara. Meski demikian, tempat ini tetap asyik kalau mau pasang tenda, seru sih.

Panduan ke Air Terjun Lubuk Buaya
Lokasi: Air Terjun Lubuk Buaya ini adanya di desa Sihaporas, Kecamatan Pinang Sori.
Dari ibukota Tapanuli Tengah, sekitar 43 menit. Semua jenis kendaraan bisa melintas kok. Ke sini tidak perlu keluar uang untuk biaya masuk, gratis sob!
Alamat lengkapnya dapat kamu lihat di: Air Terjun Lubuk Buaya

7. Air Terjun Silaklak
silaklak via Adhi Zept Azzlan
Atur stamina dulu deh kalau ke sini karena pengunjung harus treking dengan rute menanjak. Tiba di lokasi, lelah kamu pasti akan terbayarkan karena keindahannya. Spot ini juga keren untuk landscape fotografi lho sob, postingan media sosial kamu pasti bakal keren dan bikin orang lain berhasrat untuk berkunjung. Meski debit Silaklak tidak terlalu besar, namun undakan air terjun ini memang keren habis dan ada cekungan kecil yang biasa jadi tempat mandi-mandi para pengunjung. Pohon-pohon yang mengelilingi Silaklak cukup padat sehingga terlihat teduh.

Detail Air Terjun Silaklak
Alamat: Letaknya berada di jalan lintas Sibolga - Barus, tepatnya di Desa Unte Mungkur IV, Kecamatan Kolang.
Kalau dari Sibolga, jaraknya memang dekat hanya 32 menit (17,3 km) tapi jalan ke lokasi cukup menantang, butuh tenaga ekstra dan pasti diincar petualang.
Peta lokasi silahkan lihat di : Air Terjun Silaklak

8. Air Terjun Nabobar
air terjun nabobar via hardy manalu
Butuh destinasi Tapteng lainnya? ini namanya Aek Nabobar. Yang pasti, destinasi ini punya daya tarik tersendiri dimana para pengunjung harus melewati sungai terlebih dahulu dengan menggunakan sampan. Bukan itu saja lho tantangannya, kamu perlu melintasi sungai lagi hingga tiba ke Air Terjun Nabobar. Setelah semua itu kamu jalani, maka panorama indah Aek Nabobar akan kamu saksikan.

Detail Air Terjun Nabobar
Kalau berangkatnya dari Pandan, kamu bisa mengambil rute ke Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) panjang lintasannya sekitar 19 km dengan waktu perjalanan 27-30 menit. Tetapi dari titik point Pinang Baru, perlu waktu 20 menit lagi jadi total waktu 50 menit.
Alamat Air Terjun Aek Nabobar ini berada di Desa Pinang Baru, Kecamatan Pinang Sori
Lihat juga artikel menarik lain: 10 Pantai di Tapanuli Tengah

9. Air Terjun Labuan Nasonang
Jika dikelola dengan baik, tidaklah mustahil jika Lobuan Nasonang ini jadi destinasi baru di Tapteng. Keindahan air terjun Labuan Nasonang ini seolah tertutupi karena fasilitasnya memang tidak ada sama sekali. Ya, hanya adventurer dan fotografer saja yang sering ke sini. Panorama Labuan Nasong tergolong epic, bebatuan besar yang jadi lintasan air terjun tampak kokoh. Karena airnya berasal dari perbukitan, tentu saja segar untuk mandi.

Detail Lobuan Nasonang
Labuan Nasonang ini terletak di Pondok Batu, Kecamatan Sarudik.
Masih perhitungan dari Sibolga, berjarak sekitar 4,8 km. Pengunjung biasanya memakai transportasi roda dua dan empat.
Peta dan rute ke air terjun eksotis ini bisa kamu lihat di : Air Terjun Labuan Nasonang

Potret wisata Tapanuli Tengah sepertinya tak pernah henti menyuguhkan tempat-tempat eksotis nan menawan. Agar kamu selalu update terkait pariwisata, ingat untuk segera ikuti Instagram @pariwisata_sumut resmi dari kita ya sobat traveler. (Th.E/AN/PSN)
9 Air Terjun Terindah di Tapanuli Tengah Ini Masih Alami Lho! Reviewed by Pariwisata Sumut on 2/16/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.