Widget HTML Atas

8 Tempat Wisata Unggulan di Sumatera Utara Ini Bikin Mata Sulit Berkedip

tempat wisata di sumatera utara
pariwisataSUMUT.Net - Sumatera Utara, provinsi di Pulau Andalas yang berbatasan dengan Aceh dan Riau ini memiliki khasanah kebudayaan serta pariwisata yang sangat beragam. Mulai dari keindahan alam, keunikan budaya hingga bahari nan memukau merupakan perpaduan dari manikam eksotis yang begitu memikat.

Tersebar di 25 kabupaten dan 9 pemerintahan kota, "Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara" adalah simbol otentik dari kekayaan potensi wisata Sumut. Dari berbagai obyek wisata populer hingga yang masih tersembunyi, berikut adalah 10 tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib untuk sobat traveler kunjungi.

1. Menjelajah Keindahan "Geopark Kaldera Toba"

toba geopark via @fitrikimmy
Mencakup beberapa kabupaten di Kawasan Pariwisata Danau Toba seperti Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Dairi, Pakpak, Tapanuli Utara dan Humbahas. Geopark Caldera Toba menjadi tumpuan  bagi pariwisata sekaligus pelestarian lingkungan di danau terbesar nomor 1 Sumatera Utara ini.

Pengembangan Toba sebagai Geopark berawal dari penetapan Toba pada 2013 silam sebagai Taman Bumi Nasional. Untuk mencapai target sebagai destinasi World Geopark, Toba akhirnya kembali dirancang dan kemudian dimasukkan ke dalam daftar 10 prioritas pariwisata nasional.

Toba Geopark terdiri dari 16 buah geosite, sebagian besar di antaranya sudah populer dan kerap dijadikan tujuan berlibur oleh wisatawan nusantara maupun turis asing. Beberapa di antaranya Geosite Sipiso-Piso, Huta Ginjang, Muara Sibandang dan Geosite Sipinsur.

2. Geowisata di "Kawah Putih Tinggi Raja" yang Unik

bukit kapur tinggi raja
Populer sejak 2014 silam, Tinggi Raja adalah salah satu potret dari 9 kawasan cagar alam di Sumatera Utara yang memiliki pesona hutan hijau, danau belerang, flora fauna, bukit kapur hingga pemandian air panas.

Letaknya yang sangat jauh dari pusat keramaian ditambah sederet hal menarik yang dapat dilihat para pengunjung membuat Tinggi Raja pernah mengalami mass tourism. Namun, lambat laun destinasi ini semakin terlupakan bahkan sudah jarang dikunjungi wisatawan.

3. Menikmati Pemandangan Cantik di "Pamah Semelir" Langkat
pamah semelir
Tidak hanya sebatas Bukit Lawang, berbagai tempat wisata baru di Kabupaten Langkat semakin bermunculan dari waktu ke waktu. Hal ini tidak terlepas dari trend digital yang berpengaruh kuat di tengah gejolak pariwisata.

Selain Tangkahan, Sungai Landak dan Batu Rongring, kawasan wisata bernama Pamah Simelir tengah menjadi incaran wajib bagi para pelancong. Ya, dianugerahi kontur geografis yang memikat, Pamah Simelir punya panorama eksotis. Kreatifitas para pengelola wisata yang mewujudkan destinasi instagenic dengan spot foto kekinian menjadi daya tarik tersendiri.

Ada banyak objek wisata di Pamah Semelir yang layak sobat kunjungi, sebut saja rumah pohon habitat yang selalu dipadati pengunjung sejak berdiri beberapa tahun silam, begitu juga Desa Garunggang yang menampilkan jargon 'Wisata Dalam Desa". Ada juga Akui Puncak dan One Heart Hill Batu Mbellang, 2 objek ini memang baru dibuka tetapi sudah sukses menarik animo masyarakat.

4. Jernihnya Sampai ke Dasar, Nih "Pemandian Alam Pelaruga"

pelaruga langkat
Pemandian Alam Rumah Galo atau disingkat Pelaruga mulai tenar sejak 2015 silam dan hingga kini tidak pernah sepi. Suguhan air sungai berwarna biru nan toscha benar-benar menggaet setiap netizen yang mengetahui tempat wisata di Langkat ini melalui media sosial.

Foto dan realita di lapangan pasti akan membuat sobat traveler terpukau. Kecantikan Pelaruga benar-benar membius, pesona alam ini berpadu-padan dari jernihnya air yang dapat dilihat hingga ke dasar sungai hingga aktivitas ala adventure yang akan kamu rasakan selama berada di lokasi.

Pelaruga sendiri terdiri dari beberapa destinasi yang cocok untuk one day trip, seperti Air Terjun Teroh-Teroh, Kolam Abadi dan Air Terjun Belanga.

5. Jelajah Birunya Laut di "Pulau Kalimatung" Tapanuli Tengah

pulau kalimatung via @pretty_galung
Ibarat jumlah provinsi di Tanah Air, Tapanuli Tengah memiliki 34 pulau eksotis, tersebar di wilayah laut kabupaten yang berbatasan dengan Samudera Hindia ini. Hal ini menempatkan Tapteng sebagai tujuan wisata bahari favorit di Sumut setelah Pulau Nias.

Setiap pulau punya pesona karakteristik berbeda. Pulau Kalimatung misalnya, landskap dan keindahan pulau ini sungguh memikat, gradasi warna laut terasa semakin mengagumkan lantaran pasir putih yang ada di sepanjang bibir pantai.

Selain Kalimatung, wisatawan juga biasanya mengunjungi Pulau Putri yang lebih cocok dijadikan sebagai tempat menginap karena kondisi laut di sini cukup tenang.

Salah satu pulau yang sama sekali tidak boleh kamu lewatkan adalah Murshala. Pulau ini disebut-sebut pernah dijadikan lokasi syuting film 'Kingkong'. Terlepas dari hal tersebut, ada Air Terjun Murshala yang jatuhnya langsung ke laut. Bagi penikmat bahari, tak puas rasanya jika mengabaikan wisata bahari berupa 10 pantai di Tapanuli Tengah seperti Binasi, Sorkam dan Pantai Pandan.

6. Liburan ke Tanah Melayu Pesisir di "Pulau Salah Namo" Batubara

salah namo island
Di perbatasan Selat Melaka tepatnya di wilayah Kabupaten Batubara terdapat dua buah pulau kecil bernama Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo, Penamaan Salah Namo berangkat dari kebiasaan penduduk lokal yang berprofesi sebagai nelayan.

Pulau Salah Namo dan Pulau Pandang memiliki daya tarik tersendiri. Di Pulau Salah Namo kamu dapat menyaksikan keindahan laut biru dengan kontur wilayah yang unik namun amat disayangkan ombak di Pulau Salah Namo yang sedikit tinggi tidak dapat dijadikan sebagai lokasi snorkling.

Soal Pulau Salah Namo, tempat wisata Batubara ini dikelola oleh perseorangan sehingga fasilitasnya sudah sangat memadai. Di sini ada penginapan yang bisa kamu sewa. Perjalanan ke Salah Namo tidak terlalu lama, hanya memakan waktu sekitar 1 jam dari pelabuhan untuk menuju lokasi. Terkait destinasi ini dapat kamu lihat di artikel: Pulau Salah Namo

7. Ke Palung Toba di "Silalahi dan Paropo"

tao silalahi
Berada di Kabupaten Dairi, Silalahi dan Paropo mulai dilirik oleh wisatawan nusantara sejak 2017 lalu. Bermula dari berbagai konten viral terkait Tao Silalahi di medsos (media sosial). Padahal, 2 tempat wisata Dairi ini sebelumnya sepi dari pengunjung dan tiba-tiba saja ramai diperbincangkan oleh Warganet.

Daya tarik Silalahi tidak lepas dari kejernihan air Danau Toba di 2 desa yang berdekatan dengan Tongging dan Sipiso-Piso ini. Selain daya pikat tersebut, Silalahi juga kerap dijuluki sebagai palung terdalam di perairan Danau Toba.

Keindahan Silalahi semakin menawan karena adanya Siadtaratas, salah satu pesona bukit di Sumatera Utara dengan landskap menghadap langsung ke Tao Toba. Tak sedikit pelancong mendirikan tenda baik di tepi danau atau di areal perbukitan. Potret sunrise dan sunset merupakan 2 aktivitas yang sangat rugi jika diabaikan.

8. Menikmati Landskap Toba dari "Penatapan Tele"

menara pandang tele via @johnnysiahaan
Bagi pecinta fotografi berdomisili di Sumut, pasti sudah tahu betul kalau Tele layak diberikan label sebagai spot landskap terbaik di Kabupaten Samosir.

Ya, Tele yang dahulu hanya dijadikan sebagai tempat persinggahan ini lambat-laun menjadi destinasi wajiba bagi mereka yang berlibur ke Samosir melalui jalan darat. Sebab itu pula pemerintah daerah (pemda) mengembangkan fasilitas di Tele sehingga jauh lebih menarik.

Letaknya yang berada di perbukitan membuat para pengunjung leluasa memandang pesona sekitar dari berbagai sudut. Dari titik ini pula, kamu bisa melihat gagahnya Pussuk Buhit yang secara historis memiliki kaitan erat dengan budaya Batak.

Update
Halo sobat PSN, artikel terkait Tempat Wisata di Sumatera Utara ini sudah kami perbaharui pada (09/02/2019) agar lebih akurat dan valid sehingga menyesuaikan informasi yang kamu perlukan.

8 tempat wisata di atas tergolong destinasi unggulan dari masing-masing kabupaten. Selain dilihat dari jumlah wisatawan, daya tarik di berbagai objek tersebut memang sangatlah memukau. (SK/PSN)