Top Ad unit 728 × 90

Keren, Pulau Lengkuas Bangka Belitung Ini Punya 4 Fakta Menarik

Pulau Lengkuas Bangka Belitung - Berada di Selat Karimata dan berbatasan dengan Laut Natuna, Sijuk memang populer dengan sederet objek wisata laut. Dari pulau eksotis hingga pantai unik dapat sahabat traveler temukan di kecamatan yang masuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Belitung ini. Salah satunya adalah Pulau Lengkuas.

Destinasi bahari bernama Pulau Lengkuas Bangka Belitung ternyata sudah sejak lama menjadi incaran wisatawan. Keindahan serta paras yang unik membuat salah satu tempat wisata di Belitung ini sangat terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Kerennya lagi, film 'The Philosopher' pernah mencatatkan Pulau Lengkuas sebagai lokasi syuting.

lengkuas island via @ajengpfp

Pulau Lengkuas Bangka Belitung

Dengan julukan taman wisata dunia (world geopark) ada banyak fakta menarik terkait Pulau Lengkuas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang perlu kamu ketahui. Apa saja kah itu? yuk kita bahas satu persatu.

1. Mercusuar di Tengah Pulau Lengkuas Sarat Akan Sejarah

mercusuar via @nizbits
Untuk mencapai puncak mercusuar setinggi 60 meter ini, sobat traveler harus melewati 18 lantai. Meski melelahkan, pemandangan alam dari mercusuar berwarna putih ini sangat mengagumkan. Dahulu, mercusuar ini dijadikan sebagai titik pantau oleh Belanda. Sebab itu, pulau eksotis ini juga sangat cocok jika kamu tertarik terhadap wisata sejarah.

2. Punya Ribuan Batu Granit Raksasa

keindahan batu granit via @havana.organizer
Tak dapat disangkal jika para wisatawan yang datang ke Bangka Belitung mayoritas ingin mengunjungi kawasan pantai. Hal ini tidak terlepas dari keunikan batu granit yang menjadi daya tarik di berbagai sudut Bangka Belitung. Pada umumnya, fenomena alam ini dapat dijumpai di kawasan bagian barat dan utara. Selain di sini, pemandangan serupa juga bisa kamu lihat di Pantai Tanjung Tinggi yang tak kalah memesona.

3. Fenomena Atraksi Burung Layang-Layang

laut yang sangat biru via @dendygemex
Fakta Pulau Lengkuas lainnya yang membuat para pengunjung betah adalah keberadaan ribuan burung layang-layang yang biasanya singgah setiap sore. Burung layang-layang tersebut seolah ikut menikmati surga wisata Bangka Belitung tatkala matahari terbenam.

4. Langka, Penyu Sisik dan Penyu Hijau di Perairan Laut

snorkling area via @aasmayaa
Ekosistem laut di Bangka Belitung memang sangat terjaga, terbukti populasi terumbu karang dan warna gradasi lautnya. Fakta ini semakin diperkuat dengan adanya 2 jenis penyu di sini, yakni penyu hijau dan penyu sisik. Seperti diketahui, keduanya tergolong hewan laut yang mendapatkan perlindungan dari pemerintah karena statusnya yang kini sudah langka.

Baca: 7 Potret Taman Wisata Merci di Medan Resorty City, Segar Banget!

Nah, dari 4 fakta di atas, terjawablah sudah mengapa Pulau Lengkuas Bangka Belitung begitu diincar oleh wisatawan. Maka tak heran kalau ada banyak sekali open trip dan paket wisata ke Pulau Lengkuas yang disediakan oleh berbagai tour operator.

kawasan pulau via @_travelbuddies_
Para pengunjung yang ikut agenda snorkeling biasanya dibawa ke beberapa titik area yang berjarak sekitar 150 meter dari kawasan pulau. Pemandangan bawah lautnya masih sangat alami lho!. Bukan cuma itu sih, ada tempat lainnya yang disebut kolam bidadari. Nah kolam ini terbentuk secara alami dan berada di antara bebatuan granit raksasa.

Fasilitas dan Akomodasi yang Ada di Pulau Lengkuas

Sebagai destinasi unggulan di Kabupaten Belitung, fasilitas di sini sudah sangat lengkap sehingga benar-benar memanjakan wisatawan. Soal akomodasi penginapan, sobat traveler tidak perlu ragu. Ada banyak sekali lho hotel dan penginapan di Kecamatan Sijuk dan sekitarnya.

Lokasi dan Rute ke Pulau Lengkuas Bangka Belitung

Ada 2 rute pilihan jika ingin ke destinasi terkenal Bangka Belitung yang satu ini, rute ke-1 melalui Desa Tanjung Kelayang dengan menggunakan transportasi laut. Perjalanan dari Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas sendiri setidaknya membutuhkan waktu sekitar 25 menit, karena itu, kamu bisa ekxplore pulau lainnya sebelum sampai ke lokasi seperti Pulau pasir, Pulau Batu Berlayar, Pulau Babi dan Pulau Burung.

Baca juga: Pesona Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Sedangkan rute ke-2 berangkat dari Tanjung Binga. Kalau dari sini lumayan dekat, sekitar 20 menit saja. Nah, kamu juga bisa mampir sejenak ke Pulau Semaju dan Pulau Litung.

Traveler, jika ingin ke Pulau Lengkuas Bangka Belitung, pastikan waktu kunjungan kamu di saat musim kemarau. Selain menghindari cuaca ekstrim, wisata bahari memang cocoknya dinikmati pada musim tertentu saja. (PSN/SK/AN).
Keren, Pulau Lengkuas Bangka Belitung Ini Punya 4 Fakta Menarik Reviewed by Pariwisata Sumut on 3/05/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.