Top Ad unit 728 × 90

Meat Balige dan Pantai Pakkodian, Wisata di Tampahan Ekstra Instagenik

-- --
Apakah traveler sedang berencana untuk traveling dan menikmati Wisata di Balige? maka desa Meat dan Pantai Pakkodian adalah 2 destinasi instagenik yang harus dikunjungi. Selain sering dijadikan lokasi camp, kedua spot Toba Samosir tersebut memiliki pemandangan ekstra Danau Toba.

Baik pantai Pakkodian maupun desa wisata Meat merupakan obyek wisata di kecamatan Tampahan. Disini juga terdapat homestay khas Batak dan tonun ulos serta beragam obyek menawan lain yang diketahui satu poros dengan Tara Bunga.

1. Desa Wisata Meat, Destinasi Instagenik Khas Budaya

desa wisata meat
Menengok Meat bukan berarti menemukan proses pembuatan meatball alias bakso lho! tetapi bersentuhan dengan kultur Batak. Desa di pinggir danau Toba ini memang belum lama ditetapkan sebagai desa wisata. Namun, pesonanya pasti bikin terpukau.

Dari tahun 90-an hingga sekarang, Meat dikenal namanya lewat produksi ulos terbaik. Itulah mengapa ada 70 % wanita Batak yang tinggal di perkampungan ini bekerja sebagai partonun ulos (penenun kain tradisional).

Bahkan sudah ada spot khusus bernama Desa Adat Ragi Hotang jika kamu mau melihat kelincahan jari para partonun merangkai benang hingga menjadi kain khas. Nah, hasil karya dari ibu-ibu disini banyak dijual ke luar daerah.

Desa Adat Ragi Hotang pun termasuk baru diresmikan, tepatnya pada 2017 lalu oleh Dirjen Kebudayaan Republik Indonesia. Keberadaan desa adat Ragi Hotang diharapkan bisa melestarikan pakem budaya sekaligus jadi tempat wisata di Toba Samosir yang baru untuk wisatawan mancanegara dan nusantara.

penatapan pakkodian - credit: @eudamonia95
Fakta menarik yang sudah dirangkum pariwisatasumut.net dari berbagai sumber, ternyata orang Tobasa dahulu menyebut Meat sebagai Tanah Kanaan. Hal tersebut dikarenakan kondisi persawahan yang tumbuh begitu subur, ditambah lagi mudahnya mendapatkan ikan dari tepian danau Toba.

Panorama alam Meat nyatanya mulai dilirik traveler lokal. Jika dipotret dari ketinggian Penatapan Pakkodian, destinasi ini memang bagaikan hamparan hijau dibatasi perairan nan luas. Sawah-sawah tampak membentuk terasering yang luas dan hampir mirip dengan rice terrace di Bali.

Melancong ke destinasi ini tentu menyenangkan terutama bagi mereka yang menaruh minat dibidang budaya. Bukan hanya lebih mengenal budaya Nusantara, beragam spot disini tentu tak boleh dilewatkan dan wajib untuk dijepret kemudian diunggah ke Instagram traveler.

2. Pantai Pakkodian, Kawasan Camping Hits di Tepian Danau

pantai pakkodian - credit: @sianturisari92
Selanjutnya melangkah ke Pantai Pakkodian yang juga masih di kecamatan Tampahan. Serpihan lain dari wisata Danau Toba yang menghadirkan keindahan pantai pasir putih ini dipastikan membuat pengunjung betah menghabiskan waktu.

Gagahnya perbukitan di seberang Pantai Pasir Putih disertai dengan jernihnya air danau membuat wisata Tampahan ini layak disinggahi. Wajar kalau banyak pengunjung tak tahan untuk segera berenang dan merasakan sensasi segarnya.

Pun bagi camping mania, Pantai Pakkodian akan menjawab dimana lokasi camping terbaik di Toba Samosir. Bagaimana tidak? berkemah dengan suasana tenang disertai sejuknya angin berhembus dari balik pepohonan di tepian danau pasti akan terasa sangat menenangkan.

wisata di tampahan - credit: @tobajourney
Pantai Pasir Putih juga sering kali dijadikan tempat mancing oleh penduduk sekitar. Bila hendak camping di Pantai Pakkodian, jangan lupa bawa peralatan mancing sehingga tidak perlu keluar uang banyak untuk biaya konsumsi. Selain itu, mencicipi ikan hasil tangkapan sendiri yang dipancing di sekitar Pantai Pasir Putih tentu jauh lebih asyik dan nikmat.

3. Lokasi Meat dan Pantai Pakkodian

Layak dikunjungi, kedua destinasi ini terletak di Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Toba Samosir, Sumatera Utara. Berjarak sekitar 12 km dan memerlukan 26 menit perjalanan dari Kota Balige. Agar tidak tersesat, bisa lihat map berikut: titik koordinat lokasi.

4. Tiket Masuk Meat dan Pantai Pakkodian

Nah, hingga saat ini belum ada biaya retribusi yang dibebankan untuk wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Jika ingin menginap di Meat tanpa harus camping, sudah tersedia beberapa homestay unik yang khas dengan rumah adat. Kalau mau berbaur dengan masyarakat, bisa juga menginap di rumah penduduk yang akan menyambut dengan tangan terbuka.

Berkunjung ke beberapa obyek wisata dalam 1 kali perjalanan tentu menyenangkan. Selain dua wisata di Kecamatan Tampahan di atas, luangkan juga waktu ke Penatapan Pakkodian. Dari titik ini traveler akan menyaksikan pemandangan landskap dari persawahan serta danau dari ketinggian perbukitan. (wh/psn).
Meat Balige dan Pantai Pakkodian, Wisata di Tampahan Ekstra Instagenik Reviewed by Pariwisata Sumut on 6/18/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.