Top Ad unit 728 × 90

5 Sajian Kuliner Khas Lebaran di Sumatera Utara yang Lezat, Bikin Nagih!

-- --
Usai 30 hari penuh beribadah dan mengikuti jadwal puasa, momentum suka cita Idulfitri semakin hangat lewat beragam tradisi di berbagai daerah, dari pawai, bertandang ke rumah kerabat terdekat hingga mencicipi sajian khas yang muncul selama lebaran.

Tidak hanya ketupat, pun sajian kuliner khas Lebaran lainnya yang lezat dan bernuansa tradisional akan banyak dihidangkan oleh masyarakat di Sumatera Utara untuk tamu. Seperti 5 makanan berikut yang dijamin bakal bikin nagih setelah dicicipi.

1. Ragam Lontong Medan yang Lezat dan Gurih

lontong medan - credit: @amillagus
Tradisi lebaran di Medan tak lepas dari mengantarkan makanan ke rumah tetangga, salah satu kuliner yang biasanya marak dijumpai adalah Lontong Medan. Jika biasanya wajib beli ke warung, maka saat Lebaran sudah tiba, kuliner ini pasti tersaji di rumah.

Lontong Medan yang selalu dilengkapi Taucho ini pun tidak hanya 1 jenis lho!, ada yang pakai kacang, kuah dan sayur. Cita rasanya tak perlu ditanya, soalnya resep memasak Lontong Medan yang enak sudah biasa bagi orang Medan.

Sangking terkenalnya, Lontong Medan pun sudah ada di Jakarta dan Jogja. Tetapi bisa juga kok bikin Lontong sendiri lewat resep masakan yang banyak di Internet.

2. Nasi Gurih yang Khas dari Melayu Deli

nasi gurih medan - credit: @foodiesappetite
Selain Lontong Medan, ada 1 pilihan menu lagi yang lumrah dihidangkan saat lebaran yaitu nasi gurih. Kalau Sabang punya nasi gurih Aceh, maka Sumatera Utara memiliki nasi gurih Medan yang dilengkapi ikan teri.

Agar mengurangi konsumsi lemak, kini banyak nasi gurih yang dimasak tanpa menggunakan santan. Tetapi karena nasi gurih di Medan identik dengan kuliner Melayu Deli yang masakannya selalu pakai santan. Tak afdol rasanya jika nasi gurih Medan diolah tanpa santan.

Di berbagai tempat wisata lebaran di Sumatera Utara, nasi gurih mudah kok didapat karena hampir seluruh daerah mengenal menu yang satu ini.

3. Si Lemang yang Tak Lepas Ketika Lebaran

lemang - credit: @jemthenerd
Tradisi bikin lemang tatkala lebaran banyak dilakukan oleh masyarakat di daerah seperti Mandailing Natal, Pakpak Bharat dan Tapanuli Selatan. Bahkan 1 minggu sebelumnya, sudah banyak mencari bambu, daun pisang, beras ketan dan kelapa.

Berhubung pakai santan kelapa, lemang yang harus dikonsumsi sebelum 1 minggu ini biasanya dipanaskan terlebih dulu ketika akan disajikan kepada tamu yang bersilaturahim ke rumah.

4. Roti Jala, Kuliner Khas Melayu di Medan

roti jala - credit: @gayathriraani
Ini makanan paling banyak diincar ketika para pelancong traveling ke Medan, sebut saja gerai roti jala di Amaliun Food Court atau di SM Raja Kuliner yang ramai dikunjungi karena cita rasanya yang nonjok banget.

Sekarang Roti Jala sudah dikreasikan, dari rasa kari ayam, kuah durian hingga kuah manis yang sama-sama lezat. Ya, menu khas Melayu ini pun patut dicoba, tanya teman-teman dulu di rumah masakan lebarannya apa karena Roti Jala ini lumayan jarang sih dihidangkan.

5. Orong-orong, Si Kecil Cemilan Medan

orong-orong - credit: @yenti_lie3
Makanan Medan yang dinamai Orong-Orong ini jadi pelengkap sederet masakan yang sudah disebutkan di atas, bisa jadi toping atau penambah cita rasa biar krenyes saat dikunyah.

Orong-orong banyak dijual di kedai kecil kok, camilan Medan ini cocok dicampurkan dengan Lontong, Roti Jala atau Nasi Gurih. Diproduksi oleh pabrik 41, orong-orong Medan ini cukup legendaris dan sudah jadi jajanan khas bagi anak-anak.

Bagi yang doyan ngemil di waktu senggang, orong-orong juga sering dijadikan cemilan. Harganya murah, harga 1 bungkus cuma Rp500. Meski tergolong jadul, kuliner Medan ini rasanya memang top!

Mau hang-out sambil silaturahmi bareng teman? mungkin artikel tempat nongkrong di Medan bisa jadi referensi seandainya Traveler tak mudik di lebaran kali ini. (WE/PSN)
5 Sajian Kuliner Khas Lebaran di Sumatera Utara yang Lezat, Bikin Nagih! Reviewed by Pariwisata Sumut on 6/05/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.