Top Ad unit 728 × 90

Pulau Poncan Sibolga - 8 Gambar, Lokasi dan Info Daya Tarik Lengkap

-- --
Pada artikel Sibolga sempat disinggung bahwa Pulau Poncan merupakan destinasi pantai umum terdekat dari area pelabuhan ikan. Namun perlu dijelaskan sedikit kalau nama daratan kecil itu sendiri berhubungan dengan dua pulau tropis berbeda. Meliputi Poncan Ketek (Kacik) dan salah satunya lagi adalah Poncan Gadang.

pulau poncan - image via komantab dan nexcarlos
Baik Poncan Gadang maupun Poncan Ketek memiliki pesona dan kelebihan masing-masing. Namun semuanya menawarkan panorama bahari Sumut. Terjaganya ekosistem dengan eksotika bawah laut membuat kita tak perlu bertanya lagi kenapa begitu banyak pelancong lokal penasaran.

Wisata Pulau Poncan wajib dirasakan indahnya oleh siapa saja. Meskipun pulau ini letaknya terpaut jauh dari teluk, akan tetapi posisi geografisnya sangat aman dari pengaruh kencangnya angin laut. Hal ini bisa menjadi pertimbangan sebelum pengunjung bertolak dari dermaga kapal ke tujuan utama yaitu Pulau Poncan yang gadang.

Ditelisik dari sisi geologi, Pulau Poncan ini terbentuk karena mengendapnya hewan dan tumbuhan laut berjuta tahun silam pada masa Miosen. Tambah lagi, Sumatera Utara masuk zona lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Itulah mengapa terdapat banyak pulau di Tapanuli Tengah yang membuat terpana.

poncan gadang - image via sibolgamarineresort.com
Warisan bumi yang indah Pulau Poncan patut disyukuri indahnya. Hampir sepanjang tahun panoramanya menarik minat para pelancong. Tak hanya wisatawan domestik, sering kali sudah turis mancanegara menghabiskan musim liburan mereka di sana.

Misteri sejarah Pulau Poncan terselip pula dari lisan penduduk. Disebutkan bahwa dulunya destinasi ini benteng dan tempat tinggalnya tentara Jepang. Beberapa temuan mengejutkan pernah didapati tim eksplorasi.

Lokasi Pulau Poncan

Pulau Poncan berada di kelurahan Pasar Belakang, Kota Sibolga, Sumatera Utara, kodep Pos 22523. Atau lebih lengkap lihat pada peta berikut


Pulau ini sendiri termasuk dari salah satu jejejeran pulau di teluk tapian nauli.

Rute Menuju Pulau Poncan

Berkunjung ke objek wisata tersebut tidaklah terlalu sulit dilakukan. Apabila tinggal di luar kota Sibolga, pilihlah penerbangan yang akan membawa penumpang ke Bandara Pinang Sori.

Setelah pesawat mendarat di bandar udara, perjalanan selanjutnya adalah ke Kota Sibolga. Apabila domisili Medan, sudah teramat banyak bus yang bisa ditumpangi ke Sibolga. Harga naik busnya berkisar antara Rp60.000-Rp120.000 per penumpang.

Terakhir adalah memilih arah jalan ke Pelabuhan Sibolga.  Di tempat itu kita dapat memilih untuk menggunakan salah satu perahu nelayan atau kapal wisata yang biasanya mereka menawarkan sistem sewa atau charter.

Kira-kira perjalanannya hanya memakan waktu kurang dari 15 menit. Sangat dianjurkan untuk berangkat pagi atau siang hari agar ongkos sewa kapal tidak terlalu mahal. Pun ombak biasanya akan lebih tenang saat laut sedang surut.

poncan gadang image via agunghasugian

Jam Buka

Sama sekali tidak ada batasan waktu bagi pengunjung yang ingin datang. 24 jam penuh pulau ini dibuka.

Tiket Masuk Pulau Poncan

Sama sekali tidak ada biaya masuk ke pulau poncan dari dinas terkait, kecuali tamu menyisir sibolga marine resort.

Fasilitas

Satu-satunya fasilitas yang dipunya pulau Poncan adalah dermaga kapal. Namun bila beranjak ke sudut lain, di pulau ini akan dijumpai sebuah resort ternama yaitu Sibolga Marine Resort. Penginapan ini memang didesain eksklusif dengan harga per malamnya Rp400 ribu ke atas.

Karena Poncan Gadang sangatlah luas, maka wisatawan dapat menikmati area rekreasi publiknya dengan puas. Dari area dermaga hingga pantai dapat dijadikan lapak berlibur.

Pilihan lainnya yaitu memasang tenda atau ber-camping di tepi pantai. Atau, minta nahkoda kapal mengantarkan rombongan ke Poncan ketek karena di sana termasuk sepi dari hiruk-pikuk pengunjung.

menjelajah eksotika pulau - image via ulyailmadina

Kegiatan di Pulau Poncan

Melakukan kegiatan di waktu berlibur tentu akan menyenangkan. Selama nge-trip ke Pulau Poncan, ada banyak aktivitas seru yang seyogianya tak mudah terlupakan. Ya, Tempatnya memang nyaman baik di laut maupun dataran sekitaran pulau.

1. Berenang dan Snorkeling
Setelah sekian lama membayangkan pantai berpasir putih dengan pesona airnya yang berwarna gradasi biru laut, pasti langsung membuat kita menyerbu pantai di Pulau Poncan.

Coba berenang atau snorkeling, di dalam sana berjubel ikan hias berpapasan dengan mata. Tak perlu diragukan sih keindahannya. Ibarat bak mandi yang rajin dibersihkan, airnya yang cantik asli bikin terkagum-kagum.

Sama sekali tak perlu khawatir, alamnya memang sangat mendukung lantaran tak dijumpai hewan beracun atau tanaman pengganggu. Bahkan sebangsa nyamuk pun seolah enggan mengganggu liburan pengunjung.

Snorkeling kecil-kecilan sih lebih tepatnya. Karena spesies karang di tempat ini tidak sebanyak jumlah yang ada di Kalimantung. Ikan kerapu, bintang laut dan kuda laut lebih banyak menghiasi panorama bawah lautnya.

image via mawarkurnia
2. Trekking Sekitar Pulau
Wisata olahraga pun menjadi hal menarik yang perlu dilakukan sahabat PSN, yaitu trekking atau kegiatan jelajah pulau. Menaiki tebing untuk berfoto di spot dari ketinggian dengan background pulau dan bebatuan di belakang.

Buat yang bernyali besar, telusurilah wisata sejarah di sini yang masih jarang dilakukan oleh pelancong. Di sana, terdapat sebuah goa yang sampai sekarang kedalamannya masih jadi misteri.

Gua itu belum lama ditemukan dan bila ingin berpetualang ke tempat itu maka perlu guide atau pemandu wisata lokal. Pasalnya, letak gua bunker Jepang tersebut di tengah daratan pulau. Dikhawatirkan tersesat kalau perginya sendiri.

Iklim di pulau ini cenderung stabil pada deretan angka 22 - 33 derajat celcius. Akan sangat terik tatkala matahari sudah bersinar di atas kepala. Malam harinya pun lumayan gerah. Namun terbantu dengan hembusan angin laut.

pemandangan dari bukit image via @poncangadanghotel

Tips Berkunjung ke Pulau Poncan

Sahabat PSN yang hendak rekreasi ke Pulau Poncan tentu perlu mempersiapkan beberapa hal, berikut tips yang membantu selama berada di wisata bahari ini.
  • Meminta izinlah terlebih dahulu kepada pengelola resort apabila ingin berjalan-jalan di area penginapan itu.
  • Karena jaraknya yang cukup dekat dari kota sibolga, pulau ini dapat dikunjungi pulang-pergi.
  • Mahalnya biaya hotel bukan alasan untuk menunda waktu berlibur. Agar tidak jadi bahan pikiran, kami telah mempersiapkan daftar penginapan murah Sibolga.
  • Lakukan tawar-menawar kapal penyeberangan di pelabuhan. Akan sangat baik seandainya berangkatnya berbarengan dengan teman atau group supaya meringankan biaya sewa.
  • Dengan durasi perjalanan 10-15 menit, harga kapal per orang ke Pulau Poncan sekitar Rp30k sampai Rp110k. Tergantung jumlah penumpangnya.
landmark pulau - image via ca_1303

Sejarah Pulau Poncan

Sebelum dikenal namanya seperti sekarang, pulau ini populer dengan sebutan Pulau Takalo. Tatkala kolonial Inggris menduduki Tanah Air di kawasan Tapanuli, mereka biasa bertukar barang dengan penduduk lokal di Teluk Tapian Nauli.

Adapun istilah Poncan bermula dari ucapan orang Inggris yang kerap mengatakan pound change. Lambat laun, kebiasaan itu membuat si pulau menawan itu lebih familiar dengan julukan yang dipakai hingga saat ini usai disahkan oleh pemerintah setempat.

Dengan luas tak lebih dari 450 meter persegi, Poncan menjadi destinasi bahari di bagian selatan provinsi Sumut yang sangat diandalkan oleh Sibolga.
Pulau Poncan Sibolga - 8 Gambar, Lokasi dan Info Daya Tarik Lengkap Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/27/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.