Home » » 10 Tempat Wisata Di Sumatera Utara

10 Tempat Wisata Di Sumatera Utara

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Saturday, April 4, 2015 | 2:17 PM


pariwisataSUMUT.Net - Sumatera Utara, provinsi yang berbatasan dengan Aceh dan Pekanbaru. Memiliki khasanah kebudayaan dan pariwisata yang sangat beragam, keindahan alam dan keunikan-keunikan di Sumut (Sumatera Utara) merupakan manikam eksotisme yang begitu memikat. Oleh karena itu pula kami membuat slogan: "Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara" sebagai bagian dari promosi Sumatera Utara agar lebih dikenal. Tempat wisata di Sumatera Utara semakin berkembang seiring dengan ditemukannya beberapa destinasi wisata yang dulu masih tersembunyi. Berikut 10 Tempat Wisata Di Sumatera Utara.

Geopark Kaldera Toba
Geopark Kaldera Toba mencakup beberapa kabupaten yang kawasannya mencakup danau Toba seperti Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Dairi, Pakpak, Humbahas, dll. Kawasan Geopark Kaldera Toba menjadi tumpuan harapan bagi pelestarian Danau Toba. Geopark Kaldera Toba terbagi atas 4 geosite yang memiliki keunikan tersendiri, sebelumnya pada tahun 2013 Danau Toba telah dijadikan sebagai kawasan National Geopark oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Baca selengkapnya: Geopark Kaldera Toba

Kawah Putih Tinggi Raja
Kawah Putih Tinggi Raja merupakan destinasi wisata baru di Sumatera Utara. Memiliki pesona hutan alami dengan latar hijau, letaknya yang jauh dari pusat keramaian ditambah keunikan alam dan geografis menjadi alasan tempat wisata ini begitu mengagumkan, Keberadaan Bukit Kapur berwarna putih, pemandian alami beleranga dan danau kecil yang berisikan sulfur berwarna biru. Kawah Putih Tinggi Raja sebenarnya masuk ke dalam wilayah konservasi hutan oleh karena itu pula perlu adanya pengembangan dari pemerintah untuk mengelola DTW di Simalungun ini agar tidak memunculkan sisi-sisi negatif pariwisata.
Baca selengkapnya: Kawah Putih Tinggi Raja

Batu Rongring
Langkat mulai berbenah untuk industri pariwisata, berbagai destinasi wisata alam mulai dikembangkan sehingga layak dijadikan sebagai tujuan wisatawan. Selain terkenal dengan Bukit Lawang, beberapa tempat wisata alam lainnya seperti Batu Rongring, Batu Katak, Kawasan Leuser, semakin dikembangkan oleh pemerintah. Batu Rongring berada di kawasan Gunung Leuser, memiliki panorama alam nan hijau dengan keunikan-keunikan yang begitu khas. Batu Rongring menyimpan beberapa tempat wisata speologi mengagumkan, terdapat beberapa goa dengan daya tarik berbeda satu dengan yang lainnya.
Baca selengkapnya: Batu Rongring di Langkat

Pelaruga
Pelaruga masih berada di Kabupaten Langkat, tempat wisata menarik ini cocok bagi anda yang hendak merasakan bagaimana berwisata ala adventure. Di Pelaruga terdapat beberapa tempat wisata lainnya di dalam satu area yakni Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi. pada tahun awal tahun 2015 ditemukan lagi objek wisata lainnya yakni Air Terjun Belanga. Bila anda telusuri lagi, kawasan Konservasi Hutan Gunung Leuser memiliki beberapa tempat wisata alam type air terjun yang amat mengagumkan yang belum terpublikasi. Salah satu air terjun lainnya adalah Air Terjun Jodoh yang berada di tengah hutan.

Pulau Mursala
Ingin melihat keajaiban wisata bahari? sila berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Tengah. Terdapat banyak tempat wisata seperti pulau dan pantai, Suguhan coral, terumbu karang, ikan berwarna-warni di 33 pulau menjadi daya tarik yang amat memukau, Pulau Mursala kini telah dijadikan sebagai proyek pengembangan destinasi wisata Kab Tapanuli Tengah. Beberapa DTW di Tapteng lainnya adalah Pulau Putri, Pantai Binasi, Pulau Kalimatung,
Baca selengkapnya: Pulau Mursala

Pulau Salah Namo
Di perbatasan Selat Melaka tepatnya di wilayah Kabupaten Batubara terdapat dua buah pulau kecil bernama Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo, Penamaan Salah Namo berangkat dari kebiasaan penduduk lokal yang berprofesi sebagai nelayan, Pulau Salah Namo dan Pulau Pandang memiliki keunikan tersendiri, di Pulau Salah Namo anda dapat menyaksikan keindahan laut biru dengan kontur wilayah yang unik namun amat disayangkan ombak di Pulau Salah Namo yang sedikit tinggi tidak dapat dijadikan sebagai lokasi snorkeling, Beberapa tempat wisata menarik lainnya di Kabupaten Batubara adalah Istana Niat Lima Laras. 
Baca selengkapnya: Pulau Salah Namo

Air Terjun Mamabu
Air Terjun eksotis ini masih tergolong baru diketahui oleh masyarakat. Air Terjun Mamabu berada di Kabupaten Simalungun. Keindahan asri dari Air Terjun Mamabu terletak pada pemandangan hijau di sekitar air terjun setinggi 28 meter ini. Bebatuan granit menghiasi sepanjang sisi Mamabu. Bila anda hendak berkunjung ke tempat wisata ini, maka anda harus siap berpetualang. Beberapa tempat wisata menarik lainnya di Kabupaten Simalungun adalah Bah Bolon, Air Terjun Hatonduhan dan Air Terjun Sipitu Tikka.

Salam Peduli Pariwisata Sumut...!! jangan lupa untuk berkunjung dan menikmati panorama alam dan budaya Sumatera Utara. (Lia N)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net